Patung Garuda di IKN Bobotnya Setara Berat 290 Gajah, Begini Penjelasan Pembuatnya

Agung Bakti Sarasa
Patung Garuda yang akan dibangun di IKN bobotnya setara 290 ekor gajah. (Foto:ist)

BANDUNG, iNewsBalikpapan.id - Patung Garuda yang akan dipasang di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur masih dalam proses pengerjaan. 

I Nyoman Nuarta yang mengerjakan patung tersebut menyebut patung itu setara dengan berat 290 gajah.

 

Seniman asal Bali itu mengungkapkan, pengerjaan patung Garuda IKN Nusantara telah dimulai sejak 2023. Patung dibuat sesuai desain yang telah disepakati Presiden Joko Widodo (Jokowi).

 

"Pengerjaan dibagi menjadi 17 segmen. Saat ini pengerjaan bilah selubung tengah dilakukan," kata Nuarta, Rabu (19/7/2023).

 

Nuarta menjelaskan, patung Garuda IKN Nusantara terbuat dari bahan kuningan dan baja yang tahan cuaca. Dua bahan itu akan digabungkan dalam satu bilah selongsong yang nantinya akan disusun secara berjejer membentuk burung garuda. 

 

"Bahan antikarat beberapa waktu akan karatan dulu. Tapi lama-lama akan berubah. Ini kuningan ada campuran timah. Bahan dasar kan tembaga dicampur dan ada logam lain," ujar Nuarta.

 

Menurut Nuarta, patung Garuda IKN Nusantara ini berbeda dengan patung hasil karya dia sebelumnya.

 

Setidaknya dalam membuat patung tersebut dibutuhkan 4.854 bilah selubung. Dalam satu bilah selubung beratnya mencapai 0,3 ton. Apabila ditotal secara keseluruhan sekitar 1.456 ton. 

 

Dia memastikan pengerjaan selongsong ditargetkan rampung pada Januari 2024. Adapun untuk ketinggian selubung mencapai 77,7 meter.

"Berat total selubung ini bisa disamakan dengan berat 290 gajah. Dalam satu hari kami bisa memproduksi 70 bilah selubung," katanya.

Editor : Mukmin Azis

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network