Dukung Pembangunan IKN, PLN UIP KLT Operasikan Trafo Suplai Listrik IKN

Mukmin Azis
PLN UIP KLT operasikan trafo guna mendukung kelistrikan di Ibu Kota Nusantara. (Foto: ist)

BALIKPAPAN, iNewsBalikpapan.id - PLN UIP Kalimantan Bagian Timur (KLT) terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) melalui peningkatan keandalan suplai listrik dengan menggunakan energi hijau.

PLN berhasil mengoperasikan Trafo #2 Gas Insulated Switchgear (GIS) 4 IKN, yang menjadi pencapaian penting dalam mendukung kelistrikan di IKN. Pengoperasian trafo ini dilakukan dengan aman dan lancar, memperkuat keandalan suplai listrik di wilayah tersebut.

General Manager PLN UIP KLT Raja Muda Siregar menyampaikan bahwa pada saat perhelatan Upacara Kemerdekaan HUT ke-79 RI lalu, GIS 4 IKN telah beroperasi dengan 1 unit trafo dan selama kegiatan berlangsung kondisinya sangat prima. Sedangkan saat itu, PLN UIP KLT juga tengah menyelesaikan pekerjaan untuk penyambungan pada trafo #2.

“Walaupun dengan 1 trafo suplai kelistrikan berjalan lancar, tetapi GIS 4 IKN dibangun dengan 2 trafo tenaga yang masing-masing berkapasitas 60 MVA. Hal ini bertujuan untuk menyuplai energi listrik ke IKN pada tahap awal seperti pelaksanaan upacara bendera, kegiatan pemerintahan di istana negara dan untuk kebutuhan proses konstruksi dari berbagai pihak yang turut melakukan pembangunan di IKN,” terang dia. 

Dengan dua trafo berkapasitas masing-masing 60 MVA, GIS 4 IKN diharapkan mampu memenuhi kebutuhan listrik pada tahap awal pembangunan IKN, termasuk kegiatan pemerintah dan konstruksi. PLN juga sedang menyiapkan berbagai proyek energi hijau seperti PLTS, PLTB, dan PLTA untuk menjamin pasokan listrik di masa depan.

Editor : Mukmin Azis

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network