get app
inews
Aa Read Next : Begini Tampang Mahasiswi Cantik Tabrak Emak-Emak hingga Tewas di Pekanbaru

Ratusan Emak-Emak di Yogya Deklarasi Dukung Ganjar Pranowo Capres 2024

Sabtu, 18 Juni 2022 | 20:15 WIB
header img
800 emak-emak di DIY deklarasi dukungan kepada Ganjar Pranowo maju Capres 2024. Foto: MPI/erfan erlin

SLEMAN, iNews.id - Sekitar 800 emak-emak dari lima kabupaten/kota di DIY mendukung Gubernur Jawa TengahGanjar Pranowo maju sebagai calon presiden 2024.  Emak-emak yang tergabung dalam Mak Ganjar DIY ini, mendeklarasikan dukungan di Lapangan Janti, Caturtunggal, Depok, Kota Sleman, Sabtu (18/6/2022). 

"Emak-emak ini ada yang dari Kabupaten Sleman, Bantul, Gunungkidul, Kulonprogo, dan Kota Yogyakarta. Alhamdulillah mereka memang sangat mencintai Pak Ganjar, jadi tanpa embel-embel apapun mereka sudah guyub untuk datang," ucap Koordinator Wilayah Mak Ganjar DIY, Rindi Astika Yulianti, Sabtu (18/6/2022).

Dalam deklarasi ini para emak-emak juga melaksanakan senam bersama. Ikut ditampilkan angklung Dolanan Pring yang dimainkan anak-anak di Padukuhan Janti. 

Rindi yang merupakan mantan Anggota DPR RI melihat Ganjar dalam memimpin Jawa Tengah begitu memerhatikan kebutuhan serta mendongkrak taraf perekonomian emak-emak. Salah satunya melalui pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). 

"Pak Ganjar banyak sekali mencetuskan program-program yang berpihak pada emak-emak," ujar Rindi.

Beberapa program untuk emak-emak di antaranya Lapak Ganjar untuk mempromosikan UMKM. Meskipun khusus di Provinsi Jateng namun program tersebut terbukti melibatkan UMKM kaum emak-emak. Selain itu juga ada Kredit Lapak, dan Murah juga itu dikhususkan untuk emak-emak.

Rindi menyebut, pengalaman Ganjar selama menempuh pendidikan di Yogyakarta menciptakan ikatan emosional dengan warga setempat. Hal inilah yang membuat Mak Ganjar akan terus mengawal Ganjar Pranowo agar bisa melanjutkan estafet Jokowi selaku Presiden di 2024-2029.

“Ganjar memiliki kedekatan emosi dengan warga Jogja karena pernah lama tinggal untuk menyelesaikan pendidikannya di DIY. Kami berharap Pak Ganjar ini sukses menjadi Presiden demi Indonesia sejahtera," ujarnya.

Salah satu emak-emak, Yuliana (65) mengapresiasi gerakan Mak Ganjar DIY untuk merangkul kalangan emak-emak dalam mendukung Ganjar. Ganjar merupakan sosok pemimpin yang merakyat. 

“Sosok seperti Ganjar sangat jarang ditemui,” katanya. 

Editor : Mukmin Azis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut