Logo Network
Network

Konsumen dan Pedagang Keberatan Dengan Aturan Beli Minyak Goreng Curah Pakai Peduli Lindungi

Advenia Elisabeth
.
Senin, 27 Juni 2022 | 20:00 WIB
Konsumen dan Pedagang Keberatan Dengan Aturan Beli Minyak Goreng Curah Pakai Peduli Lindungi
Jefri, konsumen minyak goreng curah di Pasar Kramat Jati, Jakarta. Foto: MPI/Advenia Elisabeth

JAKARTA, iNews.id - Sejumlah konsumen mengaku keberatan dengan rencana pemberlakuan Peduli Lindungi dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) E-KTP sebagai syarat pembelian minyak goreng curah. Pemerintah akan menerapkan kebijakan tersebut mulai 11 Juli 2022. 

Jefri, salah seorang pembeli minyak goreng curah yang sudah menggunakan KTP pada program MigorRakyat sebelumnya, merasa khawatir jika data pribadinya disalahgunakan. Selain itu, apabila nanti menggunakan PeduliLindungi, maka pembelian minyak goreng curah akan tambah rumit.

"Saya saat ini kalau beli minyak goreng curah pakai KTP. Sudah lama saya pakai sistem itu. Sebenarnya saya keberatan jika harus menunjukkan KTP buat beli minyak goreng. Takut data saya disalahgunakan. Kan kita enggak ada yang tahu ya," ujarnya kepada MNC Portal Indonesia di Pasar Kramat Jati, Jakarta, Senin (27/6/2022).

Dia berharap, dapat membeli minyak goreng curah seperti sebelumnya, yakni tanpa perlu menunjukkan KTP. Saat ini, Jefri membeli minyak goreng curah dengan menunjukkan KTP agar bisa memperoleh harga yang murah.

"Pakai KTP tuh ribet sebenarnya, tapi mau bagaimana lagi? Demi dapat yang murah. Maunya sih yang gampang-gampang aja. Beli langsung terus dapat barangnya. Enggak usah lagi pakai tambah PeduliLindungi, ribet," tambah Jefri.

Tak hanya pembeli yang mengeluhkan penggunaan KTP pada program minyak goreng curah. Pedagang pun demikian. Jesika contohnya. Pedagang minyak goreng curah ini mengatakan rumit jika harus "mem-foto" KTP pembeli satu per satu.

"Pengennya sih nggak usah pakai KTP lagi ya di kebijakan yang baru. Karna ribet harus foto-fotoin satu-satu. Sekarang saya sedang jalanin program sebelumnya, yang lewat Indomarco. Itu saja anak saya di rumah juga harus rekap buat laporan ke Indomarconya," beber Jesika. 

Terkait kebijakan pembelian minyak goreng curah menggunakan PeduliLindungi, Jesika berharap hal itu bisa dikaji ulang dan bisa kembali tanpa menggunakan persyaratan.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News

Bagikan Artikel Ini