get app
inews
Aa Read Next : Beli Gas Elpiji 3 Kg Wajib Bawa KTP Mulai 1 Januari 2024, Begini Penjelasannya

Siap-siap! KTP Beralih ke Digital, Tak Punya HP Bisa Dicetak Pakai Blangko

Sabtu, 11 Februari 2023 | 17:51 WIB
header img
KTP Beralih ke Digital, Tak Punya HP Bisa Dicetak Pakai Blangko( Foto : Istimewa)

JAKARTA, iNewsBalikpapan.id - Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri menargetkan sebanyak 25 persen atau 50 juta dari 277 juta penduduk Indonesia menggunakan Identitas Kependudukan Digital (IKD) tahun ini. Target ini juga berlaku bagi Dinas Dukcapil di 514 kabupaten/kota di Indonesia. 

Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh menjelaskan bagi warga yang memiliki handphone (HP), akan tetap dilayani dengan menerbitkan e-KTP dicetak menggunakan blangko.

"Yang belum punya HP, kita layani dengan KTP el yang biasa. Dicetak," kata Zudan saat dihubungi, Sabtu (11/2/2023).

Zudan menegaskan tidak ada pemaksaan dari pemerintah terhadap masyarakat untuk beralih ke IKD, khususnya bagi yang tidak memiliki HP.

"Tidak (memaksa)," kata Zudan.

Diketahui, Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri menyebut aturan itu akan diikuti seluruh Dinas Dukcapil di 514 kabupaten/kota di Indonesia. 

"Mari kita bertransformasi ke KTP digital. Target tahun ini 25 persen atau 50 juta penduduk Indonesia memiliki KTP digital di hapenya," kata Zudan, Rabu (8/2)

Untuk mendaftarkan KTP menjadi digital harus didampingi petugas Dukcapil karena memerlukan verifikasi dan validasi yang ketat dengan teknologi face recognition.

"Sekali datang pemohon bisa langsung dapat KTP Digital, dokumen kependudukan lainnya seperti KK dan lainnya sudah bisa langsung dipindahkan data digitalnya ke HP pemohon," tuturnya.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut