get app
inews
Aa Read Next : Menparekraf Perkuat Literasi Digital Santri di Balikpapan Lewat Santri Digitalpreneur

Marak Ulah ‘Tikus Bagasi’, Pengelola Bandara SAMSS Peringatkan Maskapai

Kamis, 07 Juli 2022 | 16:41 WIB
header img
RS (25), porter maskapai yang membobol koper pedangdut Dewi Perssik buka suara mengenai ulah 'tikus bagasi' di Bandara SAMSS. Foto: iNews.id/ Roy M

BALIKPAPAN, iNews.id – Pengutil isi tas maupun koper penumpang pesawat di Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan (SAMSS) Balikpapan ditengarai cukup marak. Pemuda berinsial RS (25) yang merupakan tersangka pembobol koper pedangdut Dewi Perssik mengaku beberapa di antara rekan kerjanya turut pula melakoni aksi serupa.

“Saya sudah beberapa kali ngambil, cuma saya saja yang kebetulan ketahuan. Di ‘dalam’ itu banyak juga yang melakukan,” kata RS saat digiring menuju ruang tahanan Polresta Balikpapan.

RS diketahui sebagai porter atau petugas bagasi penumpang pesawat di salah satu maskapai. Berposisi sebagai ‘orang dalam’ memberi akses RS untuk leluasa mengintai dan melancarkan aksi pencurian barang berharga milik penumpang pesawat.

Kesempatannya melancarkan aksi cukup terbatas, yakni saat proses loading koper atau tas penumpang dari mock up area menuju bagasi pesawat.

RS mengaku keahlian sebagai ‘tikus bagasi’ diperoleh dari para senior di tempat kerjanya. Dari situ dia tak lagi ingat seberapa banyak melakukan pencurian isi bagasi. Namun yang pasti, kasus pencurian perhiasan emas milik artis Dewi Perssik berhasil memutus rekor pencurian yang dilakukannya.

“Saya belajar sama senior,” singkatnya

Dari sederet aksi yang pernah dia lakukan, hasil jarahan dari dalam koper Dewi Perssik terhitung paling besar. RS bahkan turut mengaku bahwa hasil curiannya tersebut rencananya akan dijual untuk kemudian dibagi rata dengan teman kerjanya.

“Rencananya mau dibagi rata sama teman-teman,” tuturnya.

Kasatreskrim Polresta Balikpapan Kompol Rengga Puspo Saputro tak menampik dugaan maraknya ulah ‘tikus bagasi’ di Bandara SAMSS. Hal itu sejurus dengan banyaknya laporan penumpang kepada pihak kepolisian di daerah tujuan.

“Ada beberapa laporan di Bandara Soekarno Hatta, itu korbannya penumpang dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan. Makanya akan kita kembangkan terus,” pungkasnya.

Sementara itu, General Manager Bandara SAMSS Balikpapan Rika Danakusuma menyesalkan masih adanya kasus pencurian bagasi penumpang. Padahal Bandara SAMSS saat ini telah dilengkapi 504 CCTV.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Kamis (7/7/2022), Rika ingin menggaris bawahi bahwa tindakan RS diduga berlangsung dalam pesawat.

“Pelaku yang bertugas sebagai porter maskapai melakukan aksinya di lambung pesawat,” tulisnya.

Dia juga meluruskan bahwa tersangka bukanlah seperti porter yang sering ditemui di lobby keberangkatan maupun kedatangan. RS merupakan porter maskapai yang bertugas untuk mengantarkan koper penumpang setelah melewati mock-up area.

Sebagai antisipasi terulangnya tindakan serupa, Rika mengimbau pengguna jasa penerbangan agar membawa barang berharga ke dalam kabin pesawat.

“Langkah ini juga untuk meniadakan kesempatan bagi para oknum melakukan tindak kejahatan,” serunya.

Pengelola bandara SAMSS juga mengingatkan para pimpinan maskapai agar meningkatkan sistem keamanannya terutama di daerah yang rawan.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut