get app
inews
Aa Read Next : Menparekraf Perkuat Literasi Digital Santri di Balikpapan Lewat Santri Digitalpreneur

Telusuri Sebab Kematian Kerangka Temuan Di Balikpapan, Keluarga Ungkap Riwayat Penyakit Korban

Kamis, 21 Juli 2022 | 15:46 WIB
header img
Pihak Kepolisian melakukan identifikasi terhadap kerangka temuan warga di Balikpapan Selatan. Foto: Istimewa

BALIKPAPAN, iNews.idKerangka temuan di kawasan Jalan Prona Indah RT 53, Kelurahan Sepinggan Balikpapan Selatan diindikasi meninggal secara wajar. Polsek Balikpapan Selatan yang menangani kasusnya tidak menemukan adanya tanda mengalami kekerasan pada kerangka temuan.

Kanit Reskrim Polsek Balikpapan Selatan Iptu Hendri Saragih mengemukakan, hasil olah tempat kejadian tidak menemukan hal-hal yang berpotensi membahayakan nyawa di sekitar lokasi temuan kerangka.

“Kita tidak menemukan apa-apa di TKP, memang murni mayat itu saja,” ungkapnya, Kamis (21/7/2022).

Selain itu penyidik juga mengungkap identitas korban berinsial MI (21) yang tercatat sebagai warga Sepinggan, Balikpapan Selatan. Hal tersebut terungkap usai petugas menemukan KTP yang diduga milik korban di lokasi penemuan.

Melalui penelusuran, keluarga korban membenarkan bahwa kerangka temuan identik dengan kerabatnya yang tak pulang ke rumah sejak April 2022 lalu.

“Menurut pengakuan keluarganya, korban sering pergi dari rumah, tapi pas mau dilaporkan tahu-tahunya orangnya muncul. Dia tinggal di tempat orang tuanya kadang juga ke tempat neneknya di Sepinggan juga,” jelasnya melalui sambungan seluler.

Indikasi kematian korban secara wajar diperkuat lagi melalui keterangan keluarga yang mengaku bahwa korban sebelumnya mengalami gangguan mental dan acap kali pergi keluar rumah untuk menyendiri. Bahkan keluarga menyebut, kondisi fisik korban cukup memperihatinkan saat terakhir kali meninggalkan rumah.

“Katanya dibilang normal ya nggak, dibilang nggak ya normal. Korban suka ngomong-ngomong sendiri dan memang suka hilang-hilang. Terus dia juga nggak punya musuh, nggak pernah mengamuk,” lanjutnya.

Menanggapi kasus tersebut, keluarga korban mengaku menerima apapun kejadian yang menyebabkan kematian korban.

“Keluarganya bisa menerima apapun kejadian dari anak itu. Artinya mereka merasa itu memang meninggal wajar karena dia memang sakit,” ujarnya.

Jasad MI selanjutnya dibawa keluarga untuk dimakamkan di kawasan Sepinggan, Balikpapan Selatan pada Kamis (21/7/2022).

Sebelumnya, warga dikejutkan peristiwa penemuan kerangka manusia di sekitar wilayah RT 53, Kelurahan Sepinggan, Balikpapan Selatan, Rabu (20/7/2022). Kerangka tersebut ditemukan Sumadi (49) saat hendak mencari kayu buat bahan kandang ayam.

Lokasi penemuan diketahui cukup terpelosok atau jauh dari permukiman warga, serta ditumbuhi semak belukar.

Namun saat pertama kali ditemukan kerangka sudah dalam kondisi tidak utuh. Di sekitar kerangka juga ditemukan celana, kaos, sandal, topi dan barang lain yang diduga milik korban.

Peristiwa tersebut kemudian dilaporkan warga kepada Bhabinkamtibmas dan Babinsa setempat yang ditindaklanjuti dengan penyelidikan oleh Polsek Balikpapan Selatan.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut