get app
inews
Aa Read Next : Profil Helena Lim, Crazy Rich PIK Tersangka Kasus Korupsi Timah

Daftar Tokoh Indonesia Anti Korupsi, Tolak Tumpukan Uang Hingga Tak Mempan Rayuan Wanita Cantik

Senin, 01 Agustus 2022 | 08:32 WIB
header img
Jenderal Hoegeng sudah dikenal masyarakat Indonesia sebagai seorang polisi jujur.(Foto: istimewa)

JAKARTA,iNews.id - Pejabat korupsi di Indonesia tentunya masyarakat sudah tak kaget. Sudah banyak tokoh dan pejabat di Indonesia yang tersandung kasus korupsi.

Tetapi ada juga tokoh Indonesia yang anti korupsi dan berintegritas tinggi loh. Mereka memegang teguh sikap jujur meskipun dihadang berbagai godaan dari uang hingga wanita. 

Berikut adalah tokoh-tokoh Indonesia teladan antikorupsi di Indonesia dilansir beragam sumber, Minggu (31/7/2022).

1. Hoegeng Imam Santoso

Hoegeng sudah dikenal masyarakat Indonesia sebagai seorang polisi jujur. Pria yang pernah menjadi Kepala Kepolisian Indonesia pada 1968 sampai 1971 ini tidak mempan disogok dan sangat menjunjung tinggi kejujuran.

Hoegeng sering sekali menerima banyak godaan suap saat menangani berbagai kasus. Salah satunya, ia pernah dirayu pengusaha cantik keturunan Makassar-Tionghoa yang terlibat dalam perkara penyelundupan.

Alih-alih mengajak berdamai, pengusaha tersebut justru memberikan Hoegeng berbagai barang dan hadiah mewah. Sudah dapat dipastikan, Hoegeng menolak mentah-mentah pemberian itu dan tetap memproses kasus tersebut. Di sisi lain, sikap antisuap dan antikorupsinya itulah yang membuat Hoegeng memiliki karier cemerlang di Indonesia, hingga dipercaya Soeharto sebagai Kapolri.

2. Baharuddin Lopa

Indonesia mempunyai ikon antikorupsi bernama Baharuddin Lopa. Melansir laman Ditjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI, Baharuddin adalah seorang Jaksa Agung yang tidak pernah pandang bulu dalam menegakkan hukum di Indonesia. Ia menjabat sebagai Jaksa Agung Indonesia pada 6 Juni 2001 sampai ia mengembuskan napas terakhir di tanggal 3 Juli 2001.

Semasa hidupnya, Baharuddin Lopa dikenal tidak sedikit pun mempunyai rasa takut akan kasus-kasus yang ditanganinya dalam memberantas korupsi. Meskipun tak lama menjabat sebagai Jaksa Agung, namun Lopa berhasil mendorong Kejaksaan Agung untuk segera menuntaskan perkara korupsi dan mencatat pengusaha-pengusaha berat yang terlibat dalam KKN.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut