Logo Network
Network

Mahfud MD Sebut Aksi Peretasan Bjorka Bermotif Gado-Gado

Riana Rizkia
.
Rabu, 14 September 2022 | 14:25 WIB
Mahfud MD Sebut Aksi Peretasan Bjorka Bermotif Gado-Gado
Menko Polhukam Mahfud MD. (Foto: dok. Antara)

JAKARTA, iNews.id - Menko Polhukam Mahfud MD menyebut peretasan yang dilakukan oleh hacker Bjorka memiliki motif gado-gado. Namun demikian, Ia mengatakan pemerintah serius menanganani masalah yang ditimbulkan akibat serangan Bjorka.

"Motifnya kan ternyata juga gado-gado. Ada yang motif politik, motif ekonomi, motif jual beli, dan sebagainya," kata Mahfud di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (14/9/2022).

Dia menegaskan, sampai dengan saat ini tidak ada data yang bocor akibat serangan tersebut. Menurutnya, data-data yang disebarluaskan oleh Bjorka bisa dengan mudah diperoleh siapa pun tanpa keahlian membobol.

Pemerintah membentuk tim khusus (timsus) perlindungan data guna merespons aksi hacker Bjorka.

"Masyarakat harus tenang karena sebenarnya sampai detik ini itu belum ada rahasia negara yang bocor. Ini cuma data-data umum yang sifatnya sebenarnya perihal surat ini itu. Isinya sampai detik ini belum ada yang dibobol," ucapnya.

Mengamati poin-poin tersebut, Mahfud menilai apa yang dilakukan hacker Bjorka sebenarnya tidak membahayakan. 

"Motif-motif kayak gitu itu sebenarnya tidak ada yang terlalu membahayakan, Namun kita akan serius menangani dan sudah mulai menangani masalah ini," katanya.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.