get app
inews
Aa
Read Next : Hari Pertama Idul Fitri, Sistem Kelistrikan Aman Layani Masyarakat

Baterai Mobil Listrik Kehabisan? Jangan Panik Begini Caranya

Kamis, 15 September 2022 | 13:43 WIB
header img
Baterai Mobil Listrik Habis di Jalan, Jangan Panik Ini yang Perlu Dilakukan. (Foto: MNC Media)

JAKARTA, iNews.id - Di tengah makin tingginya penggunaan kendaraan listrik namun Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) belum tersedia merata di wilayah Indonesia. Ini menyulitkan jika pengendara menggunakan mobil listrik untuk perjalanan jauh ke luar kota.

Nah, seandainya yang terjadi baterai mobil listrik habis di jalan bagaimana menghadapinya?

Pemilik mobil listrik saat ini tidak perlu khawatir jika mengalami situasi yang tak diinginkan di jalan.

Setiap produsen telah mempersiapkan dan memperkirakan kondisi seperti itu saat memasarkan kendaraan listrik di Indonesia.. 

Langkah Antisipasi

Untuk menghindari kondisi kehabisan baterai di jalan, pengguna mobil listrik perlu menerapkan travel planning dan travel management sebelum melakukan perjalanan. Dalam artian harus mengetahui kapasitas baterai, jarak tempuh yang dimiliki mobil listrik, dan jarak tujuan yang ingin dicapai.

Jika sudah didapatkan, pengguna mobil listrik bisa merencanakan perjalanan dan mengetahui terlebih dahulu di mana saja lokasi stasiun pengisian yang tersedia di sepanjang perjalanan menuju tempat tujuan.

Layanan Darurat

Kendati demikian, untuk yang di luar kota beberapa produsen menyiapkan layanan darurat dengan menghadirkan mobil servis berjalan. Nantinya mobil akan dilakukan pengisian daya menggunakan generator untuk menambah daya hingga ke stasiun pengisian terdekat.

Namun cara mengisi baterai menggunakan generator atau genset tidak disarankan, karena memiliki daya yang tidak stabil. Hanya untuk kebutuhan darurat. Menggunakan genset secara terus menerus dikhawatirkan dapat merusak baterai dan kinerjanya menjadi tidak maksimal.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut