get app
inews
Aa Read Next : Menparekraf Perkuat Literasi Digital Santri di Balikpapan Lewat Santri Digitalpreneur

TJSL PLN UIP KLT, 10 Montir di Balikpapan Sukses Konversi Kendaraan Berbasis Listrik

Rabu, 19 Juni 2024 | 20:49 WIB
header img
PLN UIP KLT sukses menggelar program pelatihan konversi motor BBM ke Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) melalui program TJSL di Balikpapan. (Foto: ist)

BALIKPAPAN, iNewsBalikpapan.id – PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (UIP KLT ) sukses menggelar program pelatihan konversi motor BBM ke Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dibuka (11/6) dan telah ditutup (14/6) lalu dengan melakukan Test Ride motor-motor yang telah dikonversi.

Program pelatihan ini dilaksanakan sebagai persiapan akselerasi transisi energi di Kalimantan Timur (Kaltim) dengan sasaran 10 montir andal di Balikpapan bekerja sama dengan Ikatan Motor Indonesia Provinsi Kalimantan Timur (IMI Kaltim), Braja Elektrik Motor dan SMKN 6 Balikpapan.

Dalam kegiatan penutupan yang dihadiri oleh Senior Manager Perizinan, Pertanahan dan Komunikasi PLN UIP KLT Ferdyan Hijrah Kusuma menyampaikan apresiasi kepada para peserta karena telah antusias selama pelatihan.

Harapannya setelah dilakukan pelatihan ini, para peserta dapat mengembangkan bengkelnya untuk melakukan perbaikan kendaraan listrik, sehingga dapat berkembang menjadi bengkel yang bisa mengkonversi motor BBM menjadi kendaraan listrik sesuai kriteria yang diharapkan oleh Kementerian ESDM.

“Berbicara mengenai perkembangan bengkel, sebelum dilaksanakannya pelatihan, kami harus memastikan bahwa fasilitator pelatihan adalah bengkel grade A di Kementerian ESDM. Yang membedakan adalah, bengkel grade A ini tidak hanya mampu mengkonversi, tetapi yang ditunjuk oleh Kementerian ESDM sebagai bengkel bersubsidi untuk konversi dan dapat membantu proses pengurusan administrasi hingga mendapatkan plat biru,” tambah Ferdyan.

Mewakili IMI Kaltim, Ketua Bidang Wisata IMI Kaltim Sri Tristanto Hendrawan memberikan apresiasi kepada PLN. Karena melalui kegiatan pelatihan ini dapat membantu meningkatkan kompetensi para mekanik di Balikpapan dalam menangani kendaraan listrik. Dan IMI Kaltim menyambut baik langkah yang diambil PLN untuk mempersiapkan bengkel-bengkel konvensional untuk naik kelas. Hingga mampu mengikuti perkembangan zaman di tengah gencarnya pemerintah mendorong penggunaan kendaraan listrik.

Editor : Mukmin Azis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut