get app
inews
Aa Read Next : Kilang Pertamina Unit Balikpapan Pecahkan Rekor Muri Jalan Sehat dan Pemeriksaan Gula Darah

Penyakit Diabetes Kronis, Pahami Penyebab, Pengobatan dan Pencegahannya

Senin, 17 Oktober 2022 | 15:32 WIB
header img
Penyakit diabetes umum dikenal sebagai penyakit gula atau kencing manis merupakan penyakit kronis. Foto: Ist

BALIKPAPAN, iNewsBalikpapan.id - Penyakit diabetes umum dikenal sebagai penyakit gula atau kencing manis merupakan penyakit kronis dengan kondisi peningkatan kadar gula darah (glukosa) dibatas ambang normal.

Kondisi tersebut berlangsung secara periodik yang bisa disertai dengan berbagai gejala penyerta.

Dokter Arie Wibisono Sp.BP-RE., dari Siloam Hospitals Balikpapan mengatakan, penyakit kronis ini umumnya diidap masyarakat dengan beberapa faktor resiko, antara lain usia di atas 40 tahun, riwayat keluarga, kegemukan, stress psikologi, dan sebaginya.

Dijelaskannya gula digunakan tubuh untuk diolah menjadi energi, pengolahan gula darah memerlukan insulin yang cukup untuk menghasilkan energi yang adekuat. 

Sementara pola hidup dan konsumsi gula berlebih ditambah dengan faktor resiko tersebut dapat menyebabkan tingginya kadar gula dalam darah, sehingga kadar insulin tidak mencukupi untuk bisa mengolah gula menjadi energi, sehingga memaksa pankreas sebagai sumber insulin belerja lebih keras. Apabila kondisi ini berlangsung lama, pada kondisi tertentu pankreas akan mengalami kondisi “kelelahan”. 


Cek kadar gula darah sebelum alami komplikasi diabetes/ (Foto:PhotoMIX Company)

Akibatnya insulin tidak bekerja maksimal dan masih banyak gula yang tidak terserap. Selain dapat berdampak pada komplikasi organ dalam tubuh, pengidap Diabetes harus mewaspadai timbulnya luka terbuka pada kulit, khususnya luka di kaki", tutur dokter Arie Wibisono Sp.BP-RE.

Hal ini disampaikannya saat gelaran kegiatan Persatuan Diabetes Cabang Balikpapan bersama Siloam Hospitals mengadakan kegiatan sehat, Minggu (16/10) di Siloam Hospitals Balikpapan, Jalan MT Haryono 23, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. 

Selain mengadakan edukasi kesehatan, acara giat sehat turut diikuti dengan deteksi dini kadar gula darah dan senam diabetes yang diikuti lebih dari 100 peserta yang juga mendapatkan pemeriksaan mata, konsultasi  gizi dan konsultasi terkait penyakit dalam.

Dikatakan Arie Wibisono, Ulkus diabetikum adalah luka terbuka mirip borok yang muncul di bagian bawah kaki penderita diabetes yang tidak terkontrol. Apabila tidak mendapatkan perawatan yang tepat, luka diabetes di kaki dapat terjadi infeksi dan mengalami komplikasi sampai parahnya harus dilakukan amputasi. 

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut