get app
inews
Aa
Read Next : Ungkap 407 Kasus, Kapolda Kaltim Sebut Peredaran Narkoba di Wilayah Hukumnya Tinggi

Polda Kaltim Tidak Tahu Latar Pemeriksaan Ismail Bolong Oleh Mabes Polri

Selasa, 08 November 2022 | 09:48 WIB
header img
Kabid Humas Kombes Yusuf Sutedjo bersama Dirkrimsus Polda Kaltim Kombes Indra Lutrianto Amstono menjelaskan perihal video pengakuan Ismail Bolong. (iNews/RoyM)

BALIKPAPAN, iNews.idPolda Kaltim menyatakan pengakuan Ismail Bolong dalam video yang tersebar di jagat maya baru-baru ini, terkait dengan proses pemeriksaan yang dilakukan oleh Mabes Polri. Hingga kini, Polda Kaltim belum mengetahui latar belakang pemeriksaan terhadap mantan anggota Sat Intelkam Polresta Samarinda tersebut.

“Itu awalnya yang menangani adalah Mabes Polri, kami tidak melakukan penyidikan terhadap yang bersangkutan. Jadi bukan ditangani Polda Kaltim,” kata Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Yusuf Sutedjo, Selasa (8/11/2022).

Yusuf menambahkan, sampai dengan saat ini pihaknya hanya menunggu instruksi dari Mabes Polri jika nantinya akan melimpahkan penanganan kasus tersebut.

“Kalau ada (pelimpahan kasus) kita siap, tapi sejauh ini tim dari Mabes Polri sudah melakukan proses. Kita gak mau ada tumpang tindih penyidikan,” ujar Yusuf.

Video pernyataan Ismail Bolong mengenai bisnis tambang ilegal di Kaltim yang viral, kini santer menjadi pembicaraan warga Kaltim. Dalam video tersebut, Ia mengaku sebagai pengepul batubara ilegal hingga menyetor sejumlah uang ke beberapa pejabat Polri untuk mengamankan bisnisnya tersebut.

Terbaru, muncul lagi video rekaman Ismail Bolong yang mengklarifikasi isi video pertamanya. Kali ini, Ismail Bolong menyatakan bahwa video pertama tersebut direkam dalam kondisi dirinya mendapat tekanan. Video tersebut, kata Ismail, direkam di Balikpapan saat dirinya diperiksa anggota Div Propam Mabes Polri.

Mengenai hal itu, Yusuf kembali menyatakan, bahwa pihaknya tidak sama sekali mendapat informasi mengenai adanya pemeriksaan tersebut. Kabid Humas juga memastikan, sebelumnya tidak ada koordinasi dari Mabes Polri terkait pemeriksaan Ismail Bolong di wilayah hukum Polda Kaltim.

“Kita dari Polda Kaltim tidak tahu adanya perekaman tersebut. Kita tidak tahu itu tanggal berapa direkam. Ya mungkin itu Ismail sendiri,” tuturnya.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut