Logo Network
Network

Libur Nataru, Pertamina dan BPH Migas Pastikan Kelancaran Pelayanan BBM di Kaltim

Mukmin Azis
.
Senin, 26 Desember 2022 | 10:38 WIB
Libur Nataru, Pertamina dan BPH Migas Pastikan Kelancaran Pelayanan BBM di Kaltim
Perayaan Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan dan Badan Pengatur Hilir Migas (BPH Migas) melakukan monitoring kesiapan di dua SPBU di kota Balikpapan. (Foto: istimewa)

BALIKPAPAN, iNewsBalikpapan.id - Perayaan Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan dan Badan Pengatur Hilir Migas (BPH Migas) melakukan monitoring kesiapan di dua SPBU di kota Balikpapan Sabtu (25/12/2022). 

Hadir dalam monitoring tersebut anggota komite BPH Migas Eman Salman Arief didampingi Sales Area Manager Retail Fuel Kaltim-Kaltara Pertamina Patra Niaga, Ayub Ritto. 

Sehari sebelumnya, Rabu (23/12) yang lalu, kunjungan kerja dan monitoring BPH Migas dimulai dimulai dengan melakukan pertemuan bersama PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan dengan PT PPN Regional Kalimantan yang dilanjutkan deengan kunjungan ke fasilitas Kilang PT KPI dan IT Balikpapan. 

Dalam kunjungan ini turut mendampingi GM PT KPI Unit Balikpapan Arafat Bayu Nugroho dan EGM PPN Regional Kalimantan M Taufiq Setyawan.

"Kami memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada PT KPI Unit Balikpapan dan PPN Regional Kalimantan yang telah mempersiapkan pelayanan nataru dengan baik. Semoga semoga kegiatan pelayanan dalam penyediaan dan pendistribusian BBM dan LPG dalam rangka Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 dapat berjalan lancar,” kata Eman dalam sambutannya. 

Pertamina memastikan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang melakukan mudik dalam periode Nataru 2022.

Selain penyediaan dan pendistribusian BBM untuk menunjang mobilitas msayarakat menghadapi Nataru, Pertamina Patra Niaga juga menyiapkan layanan tambahan seperti SPBU Siaga, Agen dan Outlet LPG Siaga, SPBU Modular, Motorist, dan SPBU Kantong.  

Sementara itu, ada juga Rumah Pertamina Siaga yang ditempatkan di dua Rest Area Tol Balikpapan-Samarinda. Fasilitas ini dapat dimanfaatkan masyarakat untuk beristirahat dan menyiapkan ruang laktasi bagi Ibu menyusui, tempat bermain anak, minuman gratis, mushola serta fasilitas lainya.

“Pertamina telah menjalankan monitoring secara digital terhadap pendistribusian (pengiriman BBM) dari Kilang dan Fuel Terminal BBM serta memastikan penyaluran SPBU seperti stok dan penjualannya sesuai dengan penugasan dan arahan yang diberikan oleh Pemerintah melalu BPH Migas,” ujar Ayub Rito selaku Sales Area Manager Kalimantan Timur dan Utara.

Ayub menambahkan bahwa penyaluran BBM jenis gasoline (Pertamax Turbo, Pertamax dan Pertalite di Kalimantan Timur saat Natal dan Tahun baru akan meningkat sebanyak 2,9 persen dari 2.044 Kiloliter per hari di saat normal menjadi 2.103 KL saat Nataru nanti. Untuk BBM jenis gasoil (dex series dan biosolar) akan naik 2,2 persen dari harian normal sebesar 809 KL menjadi 827 KL per hari.

Sementara elpiji juga diprediksi akan naik 6,8 persen dari penyaluran harian normal sebesar 484 MT perhari menjadi 517 MT perhari saat Natal dan Tahun Baru nanti.

“Kami juga menghimbau masyarakat untuk lebih peduli terhadap kondisi tubuh dan juga kendaraan sebelum melakukan mudik. Kontribusi Pertamina dan masyarakat diharapkan dapat beriringan dalam menyabut Nataru kali ini,” kata Ayub.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News

Bagikan Artikel Ini