get app
inews
Aa Read Next : Kejari Balikpapan Dukung Penuh Pembangunan Kelistrikan PLN untuk IKN

Danlanal Balikpapan Dampingi Panglima TNI, Cek Posko Pengamanan Jalur Logistik Laut ke IKN

Sabtu, 21 Januari 2023 | 20:19 WIB
header img
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono mengecek posko pengawasan jalur logistik laut menuju IKN. (Foto: istimewa)

BALIKPAPAN, inewsbalikpapan.id - Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono melakukan kunjungan kerja di Kota Balikpapan, Kamis (19/1/2023). Didamping Danlanal Balikpapan Kolonel Laut (P) Rasyid Al Hafiz, Laksamana Yudo meninjau Posko Pengamanan Jalur Logistik Laut IKN yang berada di Dermaga Melawai Lanal Balikpapan. 

Pada kesempatan tersebut, Danlanal Balikpapan juga melaporkan jika lahan reklamasi Dermaga Melawai ini nantinya juga akan dibangun Mako Lantamal.

"Pembangunan Mako Lantamal tersebut sebagai wujud rencana validasi organisasi Lanal menjadi Lantamal atau Kodamar, " kata Danlanal Balikpapan Kolonel Laut (P) Rasyid Al Hafiz, Sabtu (21/1/2023). 

Dia menjelaskan, pembangunan diawali dengan dibangunnya masjid yang kini progres nya sudah mencapai 25 persen. Lokasinya terletak di sebelah Posko Pengamanan Jalur Logisik Laut IKN tersebut.

"Nantinya juga akan dibangun monumen sekaligus Museum KAL Sepinggan TNI AL di sisi utara lahan reklamasi tersebut," ungkapnya. 

Pelayaran Panglima TNI ke IKN dengan KRI Sidat-851 ini juga didampingi Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Danlantamal XIII Tarakan Laksma TNI Fauzi dan Danlanud Dhomber Kolonel PNB Sidik Setiyono. KRI Sidat-851 merupakan KRI kelas yang sama dengan KRI Escolar-871 yang membawa Presiden RI-1 Joko Widodo ke IKN akhir tahun 2022 lalu.

Selain meninjau calon lahan Mabes TNI,  Panglima TNI juga sempat meninjau Posko Bergerak Angkatan Laut atau Naval Mobile Command Post milik Lanal Balikpapan yang nantinya berguna sebagai sarana pos komando dan kendali bergerak dalam proses pembangunan Mabes TNI AL di IKN.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut