get app
inews
Aa
Read Next : KPU Balikpapan Targetkan 200 Ribu Kertas Suara Sehari, Libatkan 150 Petugas Pelipatan

Covid-19 Varian Kraken Terdeteksi di Balikpapan, Dibawa WNA Polandia

Kamis, 26 Januari 2023 | 10:19 WIB
header img
Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengonfirmasi kasus pertama Covid-19 varian Kraken di Kota Balikpapan.

BALIKPAPAN, iNewsBalikpapan.id - Warga Kalimantan Timur khususnya kota Balikpapan wajib waspada dengan penularan Covid-19. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengonfirmasi kasus pertama Covid-19 varian Kraken di Kota Balikpapan.

Kasus subvarian Omicron XBB 1.5 itu menginfeksi seorang Warga Negara Asing (WNA) asal Polandia. Ironisnya, sebelum diketahui terinfeks virus varian baru tersebut, WNA tersebut sudah mengunjungi beberapa tempat.

"WNA Polandia dikonfirmasi terinfeksi Covid-19 varian Kraken di Balikpapan. Sudah sempat mengunjungi beberapa tempat sebelum terindentifikasi," jelas Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin di Jakarta.

Menurutnya, dari hasil penelusuran, WNA Polandia itu tiba di Indonesia melalui Jakarta pada 6 Jauari lalu. Keesokannya harinya, berangkat menuju Balikpapan dengan hasil rapid tes negatif.

Namun, pada 11 Januari 2023 saat hendak memasuki kapal, hasil tes Covid-19 menggunakan Whole Genome Sequencing (WGS) menunjukkan hasil positif. 

"Saat akan menaiki kapal sebagai syarat harus menjalani tes covid-19 dan hasilnya positif,"ujarnya.

Meski varian Kraken sudah ditemukan, namun Menkes justru senang karena WGS yang digunakan di Indonesia saat ini terbukti sangat akurat mendeteksi varian Kraken. Pasalnya, virus tersebut memiliki penularan yang sangat cepat ini sehingga membutuhkan alat deteksi yang cepat juga.

"Ini bukti sistem kita bagus, jadi kita bisa cepat tahu ada orang yang kena, dan kena varian baru yang paling advanced. Jadi saya senang," ujarnya.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut