get app
inews
Aa Read Next : Menparekraf Perkuat Literasi Digital Santri di Balikpapan Lewat Santri Digitalpreneur

Cegah Abrasi Pantai, Relawan Tanam 200 Bibit Mangrove di Balikpapan

Jum'at, 23 Juni 2023 | 11:58 WIB
header img
Hari Lingkungan Hidup Sedunia sejumlah relawan dari berbagai komunitas di Balikpapan menggelar aksi penanaman 200 bibit mangrove di pantai guna mencegah terjadinya abrasi Rabu (21/6) lalu. (Foto: istimewa)

BALIKPAPAN, iNewsBalikpapan.id -  Hari Lingkungan Hidup Sedunia sejumlah relawan dari berbagai komunitas di Balikpapan menggelar aksi penanaman 200 bibit mangrove di pantai guna mencegah terjadinya abrasi Rabu (21/6) lalu. 

Aksi cegah abrasi ini diinisiasi Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLi). Sebelumnya digelar diskusi Ngopling (Ngobrol Peduli Lingkungan) yang mengangkat tema Waspada Bahaya Abrasi dan Limbah B3 di Kalimantan Timur, yang menghadirkan pembicara Public Relation Manager PPLi, Arum Tri Pusposari, Kabid Pengendalian Pencemaran Kerusakan Lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Balikpapan, Irma Nurmayanti, dan peraih Kalpataru Provinsi Kalimantan Timur kategori pengabdi lingkungan, Bripka Taufik Ismail, yang juga personil Ditpolairud Polda Kaltim.

Arum Tri Pusposari mengatakan bahwa PPLi memilih kegiatan penanaman mangrove karena tanaman pesisir ini terbukti mampu menjadi garda terdepan menahan abrasi dan mengurangi dampak pencemaran di kawasan pesisir pantai.

"Dan ini tentuk selaras dengan perusahaan kami yang bergerak dalam pengelolaan limbah termasuk B3. Dan mangrove terutama tanaman bakau dapat menahan logam berat dan limbah dalam persoalan lingkungan, termasuk bahaya lainnya yaitu abrasi pantai,” katanya.

Dia menyampaikan bahwa fungsi daripada mangrove juga selaras dengan komitmen perusahaan PPLI dalam mencegah dan meminimalisir limbah B3 yang ada di Indonesia.

Selain itu, Arum mengungkapkan, bahwa PPLi juga berencana menyusun strategi terkait pengelolaan limbah di Kota Balikpapan.

 “Jadi kami berusaha semaksimal mungkin mensupport dan membantu industri-industri yang ada dikalimantan, terutama untuk industri migas,” ucapnya. 

Sementara itu Bripka Taufik Ismail memberikan himbauan berupa pelestarian ekosistem pesisir seperti tanaman mangrove dari limbah industri maupun rumah tangga. Dirinya mengaku bangga, masih ada kelompok masyarakat yang ingin mengenal dan melestarikan mangrove. 

Taufik menilai, bahwa ekosistem tanaman mangrove adalah kekayaan alam Indonesia khususnya Kalimantan Timur atau Kaltim yang harus dijaga karena mampu menangksl abrasi pantai maupun mengurangi limbah di area perairan.

Mengenai teknis penanaman mangrove,Taufik menjelaskan, bahwa penanaman mangrove dilihat dari bibitnya terlebih dahulu. 

"Bibitnya apakah siap ditanam di tempat terbuka atau tidak. Jadi jangan banyak menanam dengan bibit yang tidak siap, lebih baik sedikit, tapi tepat dan terawat," tuturnya.

"Yang baik itu bibit usia 6 bulanan, kemudian tumbuh dalam waktu dua tahun. Dan itu harus diperiksa, memastikan agar bibit itu bisa tumbuh dan lestari. Jadi setelah di tanam itu juga harus dirawat," jelasnya lagi. 

Editor : Mukmin Azis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut