get app
inews
Aa Read Next : Manchester United Buru Casemiro, Siapkan 50 juta Poundsterling Boyong dari Real Madrid

Wow, Astronom Termuda Masih Berumur 8 Tahun, Ini Sosoknya

Senin, 06 Juni 2022 | 17:00 WIB
header img
Nicole Olivera Astronom Termuda Masih Berumur 8 Tahun

JAKARTA, iNews.id - Astronom termuda masih berumur 8 tahun bernama Nicole Oliveira. Julukan tersebut berhasil ia dapatkan usai mengikuti program Asteroid Hunters dari NASA dan kementerian Sains Brasil.

Dalam program yang digelar pada 2021 lalu, gadis asal Brasil ini berhasil menemukan 18 asteroid. Ia juga menghadiri berbagai seminar internasional dan bertemu dengan tokoh sains terbaik di dunia.

"Aku akan memberi mereka nama (asteroid) dari ilmuwan Brasil atau anggota keluargaku, seperti ibuku atau ayahku," kata Oliveira dikutip dari Science Alert, Senin (6/6/2022).

Jika penemuan asteroid itu berhasil disertifikasi, maka Oliveira akan menjadi astronom termuda masih berumur 8 tahun secara resmi yang menemukan asteroid. Hal ini akan memecahkan rekor dari Luigi Sannio dari Italia yang berusia 18 tahun.

Ternyata, ketertarikan Oliveira pada dunia luar angkasa sudah ditunjukan dari usia 2 tahun. Menurut sang Ibu, Zilma Janaca, Oliveira akan mengangkat tangan ke langit dan minta diambilkan sebuah bintang.

"Kami mulai paham passion menjadi astronomi itu serius saat dia meminta kita sebuah teleskop untuk hadiah ulang tahun ke-4. Saya benar-benar nggak tahu apa itu teleskop," tutur Janaca.

Sayang, teleskop dibanderol dengan harga yang sangat mahal. Akhirnya, ia baru bisa mendapatkannya di usia 7 tahun saat Oliveira bersama temannya mulai mengumpulkan uang. Kemudian, sang ibu juga mendaftarkannya di sebuah kursi astronomi yang mana usia minimal peserta adalah 12 tahun. Sesuai dengan ambisinya, Oliveira mengaku akan menjadi insinyur luar angkasa.

"Aku ingin membuat sebuah roket. Aku akan senang pergi ke Kennedy Space Center di Nasa, Florida untuk melihat roket mereka. Aku juga ingin semua anak di Brasil memiliki akses di dunia sains," tutup dia.

Wah keren ya kisah dari astronom termuda masih berumur 8 tahun. Semoga menginspirasi!

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut