JAKARTA, iNews.id - Siapa yang tidak mengenal Nokia? Sebagian orang di luar sana tentu familiar dengan nama perusahaan ini. Tapi tahukah Anda arti nama Nokia dan sejarahnya yang jarang sekali diketahui.
Nokia jauh lebih tua dari yang diketahui kebanyak orang. Tapi, selama beberapa dekade terakhir perusahaan ini dikenal sebagai perusahaan seluler ikonik dengan desain dan teknologi yang berani.
Dikutip dari TechSpot, Nokia masih ada sampai sekarang, tapi prioritasnya telah banyak berubah selama bertahun-tahun, sehingga sebagian besar mundur dari ruang konsumen. Ingin tahu seperti apa sejarah Nokia lebih lanjut?
Arti Nama Nokia dan Sejarahnya yang Jarang Sekali Diketahui
Nokia telah didirikan pada 1865 oleh engineer pertambangan Finlandia Fredrik Idestam dan dimulai sebagai operasi pabrik kertas sederhana di Tampere, kota yang terletak di barat daya Finlandia. Tidak lama kemudian, Idestam memerluas operasi ini ke kota terdekat Nokia, yang terletak di dekat sungai Nokianvirta. Maka lahirlah nama Nokia pada 1871, terinspirasi dari lokasi ini.
Pada 1898, Eduard Polon mendirikann Finnish Rubber Works, perusahaan yang memproduksi segala sesuatu mulai dari sepatu karet hingga ban mobil. Pada 1912, Arvid Wickstrom mendirikan Finnish Cable Works yang terkenal karena memproduksi kabel listrik, telepon, dan telegraf.
Pada 1967, keduanya tergabung dalam Nokia Corporation, bisnis multifaset yang menawarkan produk kerta dan karet, kabel listrik, generator, komunikasi militer, dan peralatan pembangkit listrik tenaga nuklir, komputer, TV, dan banyak hal lainnya.
Pada 1979, Nokia mulai mengkristal menjadi raksasa telekomunikasi melalui anak perusahaan bernama Mobira Oy — perusahaan patungan dengan produsen TV Finlandia Salora.
Dua tahun kemudian, perusahaan meluncurkan layanan Nordic Mobile Telephone (NMT), pencapaian luar biasa dalam dirinya sendiri karena menawarkan cakupan nasional penuh dan merupakan sistem jaringan seluler otomatis pertama di dunia serta yang pertama memungkinkan roaming internasional. Ini menjadi dasar untuk 1G, seperangkat standar untuk generasi pertama teknologi seluler nirkabel, yang menggunakan sinyal analog.
Dari Industrial Empire ke Pembuat Ponsel
Pada 1982, Nokia memperkenalkan telepon mobil pertama, Mobira Senator yang sangat besar, lebih mirip stasiun radio semi-portabel canggih jika Anda menganggap beratnya sekitar 10kg.
Dua tahun kemudian, perusahaan mengungkapkan poel portable pertamanya, Mobira Talkman 320F, dengan berat 4,7 kg yang lebih mudah diatur dan menampilkan layar monokrom besar, buku telepon yang mampu menyimpan 184 kontak, dan baterai yang mampu bertahan selama 10 jam standby dan 60 menit waktu bicara. Ini adalah awal yang baik, tapi masih terlalu tidak praktis bagi sebagian besar konsumen.
Pada 1987, perusahaan datang dengan Mobira Cityman, ponsel genggam pertama yang benar. Semua variannya memiliki berat 760 gram (1,7 pon) yang jauh lebih mudah diatur, dan bekerja dengan sangat baik di jaringan NMT. Beberapa orang mungkin ingat Mobira Cityman 900, yang dibuat terkenal dengan gambar Mikhail Gorbachev yang menggunakan gambar untuk memanggil pejabat Moskow dari Helsinki pada tahun 1987.
Bencana Perusahaan
2007 adalah titik tertinggi bagi Nokia, dengan perusahaan mengirimkan hampir setengah dari semua ponsel di seluruh dunia tahun ini. Ini juga adalah awal penurunan di ruang mobile. Di bawah permukaan, reorganisasi besar-besaran yang diprakarsai Jorma Ollila pada 2004 untuk meremajakan dorongan kewirausahaan Nokia tidak memiliki efek yang diharapkan.
Ollila mengatur perusahaan menjadi sesuatu yang disebut struktur matriks, yang pada dasarnya berarti pembentukan empat kelompok bisnis, Mobile Phones, Networks, Multimedia, dan Enterprie Solutions yang akan berbagi sumber daya perusahaan dan fungsi pendukung dari lini produk vertikal.
Hal ini seharusnya membuat Nokia lebih gesit, tapi malah mengakibatkan kepergian orang-orang penting dan persaingan sengit di antara para eksekutif dari unit bisnis yang baru ditetapkan untuk sumber daya.
Ollila mencoba untuk memberikan peran CEO kepada COO Alla-Pietilä saat itu, tetapi pada 2005 keduanya mengumumkan mengundurkan diri dari posisi mereka, dengan Pietilä meninggalkan perusahaan sama sekali.
Secara internal, Nokia kehilangan koordinasi antar unit bisnisnya, yang mengakibatkan banyak produk dikembangkan dengan cara yang kacau balau, dengan persyaratan yang saling bertentangan yang menciptakan fragmentasi perangkat lunak yang akan semakin sulit dikelola setiap tahun.
Dihadapkan dengan lonjakan biaya penelitian dan pengembangan yang luar biasa, Ollila memberlakukan batasan pengeluaran sepuluh persen dari pendapatan tahunan perusahaan. Ini semakin memperburuk masalah perangkat lunak dengan mengalihkan lebih banyak fokus pada sisi perangkat keras dan mengurangi fitur perangkat lunak untuk memenuhi tenggat waktu rilis yang ketat.
Pada 2006, Kallasvuo mengambil peran sebagai CEO Nokia di salah satu titik penting dalam sejarah perusahaan. Setahun kemudian, dia mengumumkan perusahaan akan melakukan reorganisasi lagi yang bertujuan untuk menyelaraskan unit bisnis dengan visi inti seputar telepon, perangkat lunak, dan layanan yang lebih terintegrasi. Ini akan melihat penciptaan grup "Perangkat dan Layanan" yang dipimpin oleh Kai istämö, Niklas Savander, dan Anssi Vanjoki, sementara unit bisnis jaringan tetap terpisah dan kurang lebih sama seperti sebelumnya.
Meskipun struktur perusahaan baru, bisnis Nokia berlanjut dengan cara yang sama seperti sebelumnya, menciptakan hambatan yang sama yang akan menyebabkan peluncuran produk dengan rangkaian fitur yang tidak lengkap. Tetapi dunia seluler akan mengambil giliran besar dan Nokia tertinggal di belakang. IPhone pertama yang diperkenalkan di Macworld pada 2007 membuat arus baru bergerak, meskipun ada batasan yang jelas seperti kurangnya konektivitas GPS dan 3G, atau ketidakmampuannya untuk merekam video.
Layar multi-sentuh yang besar dan desain yang bersih membuat ponsel Nokia terlihat usang dan jauh lebih tidak ramah pengguna. Nokia tidak sendirian dalam menolak iPhone ketika pertama kali keluar, seperti Steve Ballmer yang merupakan CEO Microsoft pada saat itu, berkomentar tentang harga dan daya tarik bagi pelanggan bisnis yang telah menua dengan sangat buruk.
Google telah mengembangkan Android selama dua tahun untuk menangkis Microsoft Windows Mobile, tetapi tidak seperti Nokia dan Microsoft, Google mengenali ancaman tersebut dan segera mengubah prioritasnya untuk menargetkan pendatang baru di pasar ponsel.
Kallasvuo tidak menyadari masalahnya sampai 2008, ketika dia berbicara dengan CEO Apple Steve Jobs. Jobs mengatakan kepadanya dia tidak melihat Nokia sebagai pesaing, karena itu bukan platform, tidak seperti Microsoft. Saat itulah Kallasvuo menyadari fokus laser Nokia pada perangkat keras telah salah arah.
Editor : Mukmin Azis
Artikel Terkait