get app
inews
Aa Read Next : Elpiji 3 Kg Langka di Balikpapan, Begini Penjelasan Wali Kota

Barang-barang yang Lebih Berharga Daripada Emas, Garam Termasuk

Selasa, 19 Juli 2022 | 11:29 WIB
header img
Barang-barang lebih berharga daripada emas. Foto: ilustrasi/Freepik

JAKARTA, iNews.idEmas dikenal sebagai logam mulia paling berharga, bahkan harganya selalu naik. Namun, selain emas, rupanya ada pula barang-barang yang lebih berharga.

Barang-barang tersebut menjadi sangat berharga dikarenakan beberapa alasan. Satu di antaranya karena sangat langka ditemukan di dunia. Lantas, apa saja barang yang lebih berharga daripada emas? Untuk mengetahuinya, simak ulasan berikut ini.

Barang yang Lebih Berharga dari Emas

1. Iridium

Iridium merupakan logam padat paling langka di dunia. Iridium pertama kali ditemukan pada awal abad ke-19, dan dibanderol seharga USD6.000 atau setara dengan Rp 86 juta per ons.

Iridium berasal dari asteroid dan komet yang tentunya sulit untuk ditambang di dunia. Saat ini, Iridium dikenal sebagai komponen utama untuk membuat layar LED pada TV.

2. Yartsa Gunbu

Yartsa Gunbu merupakan obat tradisional dari Tibet, Himalaya, dan China. Yartsa Gunbu bermakna ‘ulat musim dingin’.

Yartsa Gunbu dikenal dengan manfaatnya dan dijuluki sebagai ‘Viagra dari Himalaya’. Yartsa Gunbu dibanderol dengan harga USD 50 ribu atau sekitar Rp719 juta per pon.

3. Berlian Merah

Berlian merah merupakan berlian paling mahal sekaligus langka di dunia. Berlian merah hanya ada 30 dan sebagian besar memiliki berat kurang dari setengah karat.

Untuk satu gram berlian merah dipatok seharga mencapai USD 5 juta atau sekitar Rp 72 miliar. Bahkan, berlian merah Moussaieff dari Brasil yang berukuran 5,11 karat saja bisa dihargai sekitar USD 20 juta atau setara dengan Rp288 miliar.

Sungguh harga yang fantastis.

4. Garam

Siapa sangka apabila garam yang mudah kita temukan di dapur bisa menjadi barang yang sangat berharga daripada emas.

Jadi, sekitar abad ke-6, garam merupakan komoditi yang sangat langka sehingga tak ternilai harganya. Pada masa itu, garam dianggap penting bagi kesehatan.

Garam pada saat itu juga sering dipergunakan untuk bahan pengawet makanan karena pada masa itu belum ada teknologi penyimpanan dan pengawetan makanan secanggih sekarang. Maka dari itu, garam sangat diburu dan menjadi komoditi yang sangat mahal.

Para saudagar di Sahara bahkan biasa menukar 1 ons garam dengan 1 ons emas.

5. Cengkih

Cengkih merupakan rempah yang paling diminati di berbagai negara. Pada masa lalu, tepatnya pada abad ke-16, cengkih dihargai setara dengan 7 gram emas. 

Jadi pasca keruntuhan Konstantinopel pada 1453 dan jalur perdagangan rempah di Asia Selatan terputus, harga rempah-rempah melonjak, salah satunya adalah cengkih.

6. Bisa Ular

Barang yang lebih berharga daripada emas berikutnya adalah bisa ular. Selain terkenal mematikan, bisa ular ternyata juga dapat dijadikan sebagai obat berkhasiat.  Di antaranya adalah sebagai antidot, painkiller, anti-koagulan, hingga anti-hipertensi.

Proses ekstraksi yang sangat menantang menyebabkan harga bisa ular sangat mahal. Harga bisa ular dibandrol dengan harga USD3.785 atau setara Rp54,4 juta per gram. Sementara itu, harga bisa ular karang dibandrol dengan harga USD4.000 atau setara Rp57,6 juta per gramnya.

7. Pewarna Biru

Pada zaman dahulu, pewarna biru juga masuk dalam daftar barang yang sangat berharga. Pewarna biru adalah indigo cake yang berasal dari tanaman indigofera. Bahkan, sangking berharganya indigo cake ini bisa dianggap sebagai pengganti mata uang. 

Itulah daftar barang yang lebih berharga dari emas yang perlu kamu ketahui. Barang-barang tersebut memiliki harga yang sangat fantastis dan melebihi harga emas per gramnya.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut