Logo Network
Network

Intip PO Bus Terekstrem di Indonesia, Melintasi Jalan Berlumpur Hingga Hadangan Kelompok Bersenjata

Tangguh Yudha
.
Rabu, 24 Agustus 2022 | 22:21 WIB
Intip PO Bus Terekstrem di Indonesia, Melintasi Jalan Berlumpur Hingga Hadangan Kelompok Bersenjata
Damri menjadi satu-satunya PO yang beroperasi di tanah Papua dan terus berusaha membangun lebih banyak trayek di pedalaman. (Foto: Tangkapan layar/Pecinta Damri)

JAKARTA, iNews.id- Bicara PO Bus di pulau Jawa dan Sumatera mungkin sudah biasa. Tapi tahukah anda jika di Indonesia ada PO Bus yang disebut terekstrem. Adalah, PO Damri yang merupakan perusahaan transportasi milik pemerintah beroperasi di Papua.

Damri menjadi satu-satunya PO yang beroperasi di tanah Papua dan terus berusaha membangun lebih banyak trayek di pedalaman.

Di Papua, Damri mengandalkan armada bus standar yang memang bukan bus mewah seperti yang digunakan di Pulau Jawa atau Sumatera. Tidak ada bus high decker, double decker, apalagi sleeper.

Damri masih menggunakan bus normal deck keluaran sebelum 2009 yang masih mengusung konfigurasi mesin depan. Armada bus di Papua menggunakan bus yang biasa digunakan untuk kelas ekonomi.

Adapun tarifnya sendiri mulai dari Rp10.000, relatif murah mengingat lintasan yang dilalui sangat ekstrem. Beberapa jalan bahkan masih belum di aspal, yang jika habis turun hujan, akan sulit sekali dilalui.

Belum lagi ancaman dari kelompok kriminal bersenjata yang masih belum bisa diberangus hingga saat ini. Mungkin ini juga yang membuat belum ada PO swasta yang berani hadir di Papua, karena melihat risikonya sngat tinggi.

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini