get app
inews
Aa Read Next : Jelang Lebaran, Bandara SAMS Sepinggan Bagikan Paket Sembako ke Warga Sekitar Bandara

Bandara Sepinggan Layani 3,7 Juta Penumpang Selama 2022, Segera Buka Rute Balikpapan-Singapura

Rabu, 04 Januari 2023 | 14:27 WIB
header img
Bandar Udara (Bandara) Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan (SAMS) melayani sebanyak 3,7 juta penumpang sepanjang 2022. (Foto: iNews.id/ Mukmin Azis)

BALIKPAPAN, iNewsBalikpapan.id - Bandar Udara (Bandara) Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan (SAMS) melayani sebanyak 3,7 juta penumpang sepanjang 2022. Untuk tahun ini capaian penumpang ditargetkan PT Angkasa Pura I Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan sebanyak 4,5 juta penumpang. 

"Kami targetkan sama dengan capaian di tahun 2019 sebelum masa pandemi Covid-19, " kata General Manager (GM) PT Angkasa Pura I Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Rika Danakusuma, usai resmi menutup Posko Pelayanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023, Rabu (4/1/2023).

Rika menjelaskan, kenaikan jumlah penumpang dibandingkan bulan-bulan sebelumnya tampak pada pekan awal pelaksanaan Posko Nataru.

Pada periode Nataru kali ini jumlah penumpang harian tertinggi mencapai 14995 penumpang pada 15 Desember. Sedangkan arus balik Nataru terjadi pada 3 Januari dengan jumlah penumpang 12.659 penumpang.

"Artinya penerbangan makin baik ditambah PPKM sudah dicabut artinya penumpang sudah semakin marak kembali dan makin kesini jumlah penumpang ke arah tumbuh," jelas Rika.

Tahun 2022, kata dia, menjadi momentum beroperasionalnya kembali rute-rute internasional. Setelah dimulai dengan penerbangan repatriasi, diikuti penerbangan umroh, lalu penerbangan regular internasional yang sebelumnya tidak beroperasi selama pandemi berjalan kembali.

“Tanggal 27 Januari rencananya akan dibuka jalur penerbangan Scoot Airlines akan terbang ke Singapura disusul nanti Air Asia. Mudah mudahan bisa menyemarakan Bandara Sepinggan," katanya.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut