get app
inews
Aa Read Next : Menparekraf Perkuat Literasi Digital Santri di Balikpapan Lewat Santri Digitalpreneur

Nekat Tanam Ganja, Pria di Balikpapan Diamankan BNNK 

Jum'at, 10 Februari 2023 | 17:30 WIB
header img
Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Balikpapan berhasil mengamankan seorang pria berinisial MH, warga Jalan Cendrawasih, Klandasan Ulu, Balikpapan Kota, Minggu (5/2/2023). (Foto: istimewa)

BALIKPAPAN,iNewsBalikpapan.id -Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Balikpapan berhasil mengamankan seorang pria berinisial MH, warga Jalan Cendrawasih, Klandasan Ulu, Balikpapan Kota, Minggu (5/2/2023). Saat digrebek petugas, pelaku sempat bersembunyi di atas plafon rumah. 

Dari tangan pelaku ditemukan dua batang tanaman yang diduga narkotika golongan I bentuk tanaman jenis ganja beserta sembilan paket kecil siap jual, yang juga diduga berisi tanaman jenis ganja dengan berat bruto 22,05 gram. 

Diringkusnya MH merupakan hasil pengembangan dari penangkapan seorang pria berinisial AWR. AWR diamankan setelah bisnis haramnya terendus tim patroli siber sinergi Bea Cukai dan BNN.

"Kami mendapat informasi adanya pengiriman narkotika jenis ganja dengan modus menggunakan jasa pengiriman (ekspedisi) dari Kota Medan menuju Kota Balikpapan, Minggu (5/2/2023)," kata Kepala BNNK Balikpapan Kompol Risnoto, dalam jumpa pers di BNNK Balikpapan, Kamis (9/2/2023).

Berdasarkan informasi itu, dibentuk tim gabungan yang dilanjutkan pengintaian dan penyelidikan secara intensif di kawasan kantor salah satu jasa ekspedisi di Jalan MT Haryono.

Benar saja, AWR selaku pemesan barang datang dan mengambil sebuah paket berukuran besar. AWR pun diamankan dan diperiksa terkait barang yang diambilnya. 

"Di dalamnya (paket) terdapat dua bungkus plastik berisi baju kaos, dan di dalam lipatan kaos tersebut terdapat barang yang diduga narkotika golongan I bentuk tanaman jenis ganja dengan berat bruto 1.022 gram," jelasnya.

Setelah diinterogasi, AWR mengaku paket tersebut adalah miliknya bersama dengan MH. Tak berselang lama, MH pun berhasil diamankan di kediamannya. 

Akibat perbuatannya, keduanya kini menjadi tahanan BNNK Balikpapan. Dalam jumpa pers, keduanya juga dihadirkan dengan seragam tahanan berwarna biru beserta barang bukti.

Dari pengungkapan kasus tersebut, BNNK Balikpapan berhasil mengamankan barang bukti ganja dengan berat bruto 1.044,05 gram dan dua batang tanaman ganja. 

"Mereka mengaku paket yang diduga berisi narkotika golongan I bentuk tanaman jenis ganja tersebut adalah milik bersama dan dipesan melalui media online dengan modus dikirimkan melalui jasa ekspedisi," paparnya.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut