get app
inews
Aa Read Next : Menparekraf Perkuat Literasi Digital Santri di Balikpapan Lewat Santri Digitalpreneur

Diduga Jadi Korban Hipnotis, Kakek di Balikpapan Kehilangan Uang Puluhan Juta di Tabungan

Rabu, 22 Februari 2023 | 08:15 WIB
header img
Ilustrasi hipnotis (Foto: Ilustrasi/Istimewa)

BALIKPAPAN,iNewsBalikpapan- Kakek berinisial S (72) warga Jalan Siaga Dalam, Balikpapan Kota, kehilangan uang Rp40 juta di tabungannya. Kakek ini diduga menjadi korban hipnotis. Peristiwa tersebut terjadi pada Jumat (17/2/2023) lalu.

Akbar Barokah, anak korban, mengatakan, meski jadi korban hipnotis sejak pekan lalu, sang ayah baru sadar uang di tabungannya raib pada Senin (20/2/2023) pagi. Tepatnya saat sang ayah ingin menarik uang tunai di salah satu bank BUMN di kota Balikpapan.

Ia menjelaskan, korban memang tidak bisa menggunakan ATM. Makanya setiap mau mengambil uang pasti pergi ke bank. 

"Pada saat dilakukan pengecekan oleh teller, rupanya ada transaksi pengiriman uang dengan nominal cukup besar secara bersamaan yang tercatat. Totalnya mencapai Rp42 juta-an. Lokasinya di Jalan Soekarno-Hatta Kilometer 2," terang Akbar. 

"Saat dicek, di dalam rekening hanya tersisa saldo Rp 100 ribu dan tentu saja tidak bisa dilakukan penarikan," tuturnya.

Mengetahui uangnya raib, S tentu saja kaget setengah mati. Apalagi dia yakin tak pernah melakukan pengiriman uang dalam jumlah sebesar Rp42 juta. Belakangan diketahui kartu debit yang ada pada S, kemungkinan sudah ditukar oleh terduga pelaku hipnotis.

Setelah mendapat informasi dari pihak bank, S lantas pulang dan menyampaikan kejadian tersebut kepada Akbar. Setelah mencoba mengingat, Akbar menyebut sang ayah akhirnya bercerita sempat bertemu dengan tiga orang saat berada di Rumah Sakit Kanudjoso Djatiwibowo (RSKD) Balikpapan. 

Dia menerangkan, bahwa pada saat itu memang S sedang menjaga sang istri yang sedang dirawat di salah satu kamar di RSKD. Namun saat akan membeli sarapan di salah satu mini market, S mengaku bertemu dengan seorang pria dan menepuk punggung bagian belakangnya.

"Setelah itu bapak dibawa ke luar mini market dan dibawa ke dalam mobil lalu menuju mesin ATM. Selang beberapa waktu bapak kemudian dikembalikan ke depan mini market RSKD," ujarnya 

Berbekal cerita sang bapak, Akbar lantas mencoba menelusuri rekaman CCTV di mini market dan tempat parkir RSKD. Dari rekaman CCTV tersebut, diketahui S masuk ke dalam mini market seorang diri. Lalu, saat memilih makanan untuk sarapan datang seorang pria menepuk punggung bagian belakang dan mengajak ngobrol.

 "Tapi bapak tidak banyak ingat apa yang dibicarakan," jelas Akbar.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut