get app
inews
Aa Read Next : Universitas Balikpapan Dirikan Fakultas Kedokteran, Dukung Pelayanan Kesehatan di IKN Nusantara

Daftar Makanan Dapat Menurunkan Kolesterol Alami, Mudah Didapat Asli Indonesia

Senin, 03 Juli 2023 | 00:11 WIB
header img
Daftar makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol secara alami. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNewsBalikpapan.id - Kolesterol tinggi telah menjadi masalah kesehatan umum di seluruh dunia. Tingginya kadar kolesterol dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan gangguan kesehatan lain. 

Namun, dengan pola makan sehat dan memilih makanan tepat, dapat membantu menurunkan kolesterol serta meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Belakangan ini di momen Kurban banyak yang mengonsumsi daging dalam jumlah besar.

Nah, penting untuk kembali ke pola makan sehat. Dilansir dari Health Harvard, Minggu (2/7/2023), berikut makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol secara alami.

1. Oat

Langkah pertama yang mudah untuk menurunkan kolesterol Anda adalah makan semangkuk oatmeal atau sereal berbahan dasar oat dingin untuk sarapan pagi. Oats akan memberi Anda 1 hingga 2 gram serat larut.

2. Biji-bijian utuh

Seperti oat dan oat bran, biji-bijian utuh lainnya dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, terutama melalui serat larut yang dihasilkannya.

3. Kacang

Kacang sangat kaya akan serat larut. Makanan ini juga membutuhkan waktu untuk dicerna tubuh, yang berarti Anda merasa kenyang lebih lama setelah makan. 

Itulah salah satu alasan kacang adalah makanan yang direkomendasikan bagi orang yang ingin menurunkan berat badan. 

Sebuah penelitian menunjukkan makan almond, kenari, kacang tanah, dan kacang-kacangan lainnya baik untuk jantung. 

Makan 2 ons kacang sehari bisa sedikit menurunkan Low Density Lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat sekitar 5 persen kacang memiliki nutrisi tambahan yang melindungi jantung dengan cara lain.

4. Terong dan okra

Kedua sayuran rendah kalori ini merupakan sumber serat larut yang baik. Namun, okra tentu sangat asing bagi orang-orang Indonesia, dan tak banyak dijumpai di Indonesia.

5. Minyak nabati

Menggunakan minyak nabati seperti kanola, bunga matahari, safflower, dan lainnya sebagai pengganti mentega, atau mentega putih saat memasak juga membantu menurunkan LDL.

6. Apel, anggur, stroberi, buah jeruk

Buah-buahan di atas diketahui kaya akan pektin, sejenis serat larut yang menurunkan LDL.

7. Makanan yang diperkaya dengan sterol dan stanol

Sterol dan stanol yang diekstraksi dari tumbuhan meningkatkan kemampuan tubuh menyerap kolesterol dari makanan. Pabrik menambahkannya ke makanan mulai dari margarin dan granola hingga jus jeruk dan cokelat. 

Kedua zat tersebut juga tersedia sebagai suplemen. Mendapatkan 2 gram sterol atau stanol sehari dapat menurunkan kolesterol LDL sekitar 10 persen.

8. Makanan dari Kedelai

Mengonsumsi kedelai dan makanan yang terbuat dari kedelai, seperti tahu dan susu kedelai, pernah disebut-sebut sebagai cara ampuh menurunkan kolesterol. 

Analisis menunjukkan bahwa efeknya lebih sederhana — mengonsumsi 25 gram protein kedelai sehari (10 ons tahu atau 2 1/2 cangkir susu kedelai) dapat menurunkan LDL sebesar 5 persen hingga 6 persen.

9. Ikan berlemak

Makan ikan dua atau tiga kali seminggu dapat menurunkan LDL. Kandungan Omega-3 mengurangi trigliserida dalam aliran darah dan juga melindungi jantung dengan membantu mencegah timbulnya irama jantung yang tidak normal.

Editor : Mukmin Azis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut