get app
inews
Aa Read Next : Saksi: SYL dan Istri Beli Tas Dior Rp105 Juta Pakai Duit Kementan

Sidang Vonis Lukas Enembe Digelar Pengadilan Tipikor Jakarta Hari Ini

Senin, 09 Oktober 2023 | 07:19 WIB
header img
Sidang vonis hakim Gubernur Papua nonaktif Lukas Enembe digelar hari ini. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNewsBalikpapan.id - Sidang vonis hakim Gubernur Papua nonaktif Lukas Enembe terkait kasus suap dan gratifikasi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta digelar Senin (9/10/2023) hari ini.

“Kami sudah jadwalkan untuk pembacaan putusan hari Senin tanggal 9 Oktober 2023 untuk pembacaan putusan terhadap terdakwa Lukas Enembe,” kata Hakim Rianto Adam Pontoh dalam sidang sebelumnya.

Lukas sebelumnya dituntut 10 tahun dan 6 bulan penjara oleh tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Lukas juga dituntut membayar denda Rp1 miliar subsider 6 bulan kurungan. 

Jaksa Wawan Yunarwanto menyatakan Lukas terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi. Lukas diyakini telah menerima suap dan gratifikasi terkait sejumlah proyek pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua. 

"Menyatakan terdakwa Lukas Enembe telah terbukti secara sah dan menyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi," kata Jaksa KPK Wawan, Rabu (13/9/2023).

 

Jaksa juga menuntut agar Lukas dijatuhi pidana tambahan berupa pembayaran uang pengganti. Lukas dituntut membayar uang pengganti sebesar Rp47.833.485.350 (Rp47,8 miliar). 

 

Lukas sebelumnya didakwa telah menerima suap dan gratifikasi sebesar Rp46,8 miliar. Dengan rincian, dia menerima suap sebesar Rp45.843.485.350 (Rp45,8 miliar) dan gratifikasi Rp1 miliar. Suap dan gratifikasi itu berkaitan dengan proyek pengadaan barang dan jasa di Papua.

Lukas didakwa oleh tim jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menerima suap bersama-sama dengan Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum Papua 2013-2017, Mikael Kambuaya dan Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) 2018-2021, Gerius One Yoman.

Editor : Mukmin Azis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut