get app
inews
Aa
Read Next : Daftar Makanan Dapat Menurunkan Kolesterol Alami, Mudah Didapat Asli Indonesia

Cara Menurunkan Kolesterol Ampuh Alami, Konsumsi 10 Buah Ini

Senin, 26 September 2022 | 12:32 WIB
header img
Ilustrasi, buah penurun kolesterol dapat dikonsumsi secara rutin untuk menjaga tubuh tetap sehat. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Kolesterol yang tidak terkendali dapat menyebabkan stroke hingga serangan jantung. Salah satu cara ampuh dan alami yakni dengan mengkonsumsi buah buahan. 

Buah-buahan mengandung serat larut air (soluble) fiber yang dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi.

Pektin merupakan salah satu jenis serat larut air yang berada dalam kandungan buah-buahan. Pektin memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol ke dalam aliran darah dan penyerapan lemak.

Selain serat, buah-buahan juga memiliki kandungan senyawa yang berguna untuk meningkatkan jumlah kadar kolesterol baik (HDL). Manfaat dari serat ini adalah dapat mencegah penyakit jantung dan memperlancar aliran darah.

Ada beberapa buah yang kandungannya dapat membantu untuk mengontrol jumlah kadar kolesterol dalam aliran darah.

Berikut deretan buah penurun kolesterol:

1. Apel

Memiliki kandungan pektin, terutama pada bagian kulit yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. Lemak jahat yang berada di dalam usus halus akan diserap oleh Pektin, kemudian lemak tersebut akan dibawa keluar tubuh melalui nfeses dan urine.

Selain itu kandungan serat dari buah apel juga bermanfaat untuk membantu memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga dapat membantu mengurangi nafsu makan terhadap makanan yang kurang sehat.

Terlebih lagi ternyata apel juga memiliki antioksidan polifenol yang mampu mengurangi peradangan. Selain itu, apel juga kaya akan kandungan vitamin.

2. Alpukat

Buah penurun kolesterol ini dapat dikonsumsi oleh pengidap kolesterol tinggi secara rutin. Mengonsumsi alpukat dapat berfungsi sebagai sumber lemak tak jenuh tunggal. 

Hal ini dapat membantu anda untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang memiliki berguna untuk pencegahan penyakit jantung.

Hasil studi Nutrition Journal (2013) menunjukkan, buah alpukat juga mampu memberikan rasa kenyang yang dapat bertahan dalam kurun waktu hingga 3–5 jam setelah dikonsumsi.

Alpukat juga kaya akan kandungan glutathione, yaitu merupakan antioksidan yang memiliki peran untuk mencegah penyakit kanker dan jantung.

3. Pir

Memiliki kandungan serat yang dinilai lebih tinggi daripada serat buah apel. Pir dengan ukuran sedang dinilai mampu mencukupi 16% kebutuhan serat harian tubuh Anda.

Memiliki kandungan yang sama dengan buah apel, pir juga kaya akan kandungan pektin yang dapat mengikat kolesterol dan membawanya ke luar tubuh. 

4. Buah beri (stroberi, bluberi dan rasberi)

Buah-buahan beri memiliki kadar tinggi akan kandungan serat pektin yang dapat mengikat kelebihan kolesterol di dalam usus halus.

Hasil studi dalam jurnal Nutrients (2019) menjelaskan, jika rutin mengonsumsi buah beri utuh maupun dalam bentuk olahan lain, seperti jus maupun ekstrak murni dapat membantu menurunkan kadaar kolesterol total dan LDL dalam tubuh.

Buah-buahan beri juga memiliki kandungan tinggi akan polifenol, yakni ntioksidan yang baik bagi kesehatan tubuh.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut