get app
inews
Aa Read Next : Daftar Makanan Dapat Menurunkan Kolesterol Alami, Mudah Didapat Asli Indonesia

Cara Menurunkan Kolesterol Ampuh Alami, Konsumsi 10 Buah Ini

Senin, 26 September 2022 | 12:32 WIB
header img
Ilustrasi, buah penurun kolesterol dapat dikonsumsi secara rutin untuk menjaga tubuh tetap sehat. (Foto: Okezone)

5. Anggur

Buah penurun kolesterol ini memiliki kesamaan dengan buah lainnya, yaitu kaya akan kandungan serat larut air yang dapat mengikat kelebihan kadar kolesterol yang terserap di dalam usus halus.

Selain itu, buah anggur juga dinilai baik untuk mencegah gangguan pada metabolisme tubuh yang timbul akibat radikal bebas. Antioksidan dalam buah anggur juga dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL dan dapat menurunkan kolesterol LDL serta trigliserida dalam darah.

6. Pepaya

Pepaya merupakan buah penurun kolesterol dengan kandungan tinggi akan antioksidan, seperti vitamin A, C dan elikopen. Berbagai kandungan antioksidan di dalam pepaya bekerja dengan enzim paraxonase untuk mencegah terjadinya pengendapan kolesterol dalam pembuluh darah.

hal ini juga dapat mencegah terjadinya aterosklerosis, yaitu penyakit yang muncul ketika plak telah menutupi pembuluh darah arteri.

7. Jambu biji

Memiliki kandungan serat larut air dan kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Selain itu kandungan zat gizi tersebut juga dapat menaikkan kadar kolesterol baik (HDL) yang betujuan untuk mencegah risiko penyakit jantung.

Kandungan vitamin dan antioksidan dalam jambu biji juga dapat melindungi jantung dari kerusakan oleh akibat radikal bebas.

8. Jeruk

Merupakan salah satu buah penurun kolesterol yang memiliki kandungan kaya akan serat larut air yang dapat mengikat kolesterol, kemudian diserap usus halus.

Kandungan d-limonene dalam buah jeruk, yaitu senyawa kimia yang bermanfaat guna melarutkan kolesterol serta menghambat perkembangan kanker usus dan kanker payudara.

Buah jeruk juga membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler dan mencegah kelebihan kolesterol LDL karena terdapat kadar vitamin C yang tinggi.

9. Kiwi

Hasil studi International Journal of Food Sciences and Nutrition (2009) menunjukkan, buah kiwi dapat membantu meningkatkan HDL dalam tubuh serta menurunkan LDL 

Dari hasil penelitian tersebut dijelaskan, jika rutin mengonsumsi dua buah kiwi dalam delapan minggu akan dapat membantu mengontrol kolesterol dengan baik.

Selain itu buah kiwi juga dapat meningkatkan asupan zat gizi lain di dalam tubuh Anda butuhkan, seperti serat larut air, vitamin E, dan vitamin C.

10. Tomat

Tomat, dalam kondisi baik dalam bentuk segar, jus, maupun saus, ternyata memiliki kandungan senyawa tumbuhan yang bernama likopen. Senyawa dalam buah penurun kolesterol ini juga dapat membantu menurukan kadar LDL pada aliran darah.

Selain itu, kandungan serat dalam buah tomat juga dapat meningkatkan kemampuan HDL dalam tubuh yang bertujuah agar tubuh kebal terhadap proses oksidasi. Sehingga kolesterol baik di dalam tubuh ini tidak mudah hancur.

Itulah 10 buah penurun kolesterol. Selain mengonsumsi buah-buahan tersebut sebaiknya juga perlu mengimbanginya dengan gaya hidup sehat sehingga kolesterol dalam tubuh akan mudah terkendali. 

Konsultasikan dengan dokter jika ingin mengetahui lebih detail mengenai pencegahan maupun penanganan kolesterol.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut