get app
inews
Aa Read Next : Lima Pelaku Kekerasan Seksual di Balikpapan Ditangkap, Korban Didominasi di Bawah Umur

Pil Zenith Masuk Ke Balikpapan, Dikhawatirkan Bakal Jadi Pengganti Sabu Sabu

Selasa, 15 November 2022 | 18:35 WIB
header img
Pil zenith beredar masuk ke Kota Balikpapan. (iNews.id/RoyM)

BALIKPAPAN, iNews.id Narkotika golongan 1 berbentuk tablet dengan merek zenith mulai beredar masuk ke Kota Balikpapan. Penjualan obat tanpa izin edar oleh dua pemilik toko kelontong di kawasan Pasar Damai, Balikpapan Kota menjadi kasus peredaran gelap pil zenith pertama yang berhasil dibongkar oleh Satresnarkoba Polresta Balikpapan.

Selain dua hal tersebut, berikut adalah fakta lain mengenai kasus peredaran gelap pil Zenith yang terungkap di Kota Balikpapan baru-baru ini.

1. Pil Zenith Serupa Dengan PCC

Sebagai narkotika golongan 1, pil Zenith bisa menimbulkan efek kecanduan atau adiksi yang tinggi. Tablet memabukan ini disebut hampir sama dengan merek carnoven maupun narkotika jenis PCC.

Seluruhnya sama-sama mengandung zat carisoprodol yang berefek meregangkan otot. Dari efek tersebut penyalahgunanaya akan merasa seperti melayang atau nge-fly dan berhalusinasi.

“Kalau di tempat lain ada namanya PCC atau Carnoven, itu sama mengandung carisoprodol. Pastinya menurut rilis BNN, ini (zenith) adalah racun dan menyebabkan ketergantungan yang tinggi,” kata Kasatresnarkoba Polresta Balikpapan Komisaris Roganda, Selasa (15/11/2022).

Kepolisian juga memastikan peredaran obat-obatan tersebut ilegal, karena merek tersebut tak memiliki izin edar sesuai Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes).

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut