Logo Network
Network

Outlook Apeksi 2022 Digelar di Balikpapan, Wali Kota Se-Indonesia Siap Dukung IKN

Mukmin Azis
.
Sabtu, 17 Desember 2022 | 21:25 WIB
Outlook Apeksi 2022 Digelar di Balikpapan, Wali Kota Se-Indonesia Siap Dukung IKN
Ketua Dewan Pengurus APEKSI Bima Arya Sugiarto. (Foto: istimewa)

BALIKPAPAN, iNewsBalikpapan.id -Dibuka di atas Kapal Tongkang HL 270, Pemerintah Kota Balikpapan sambut kehadiran para Wali Kota peserta kegiatan Outlook Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) tahun 2022, Sabtu (17/12/2022). 

Ketua Dewan Pengurus APEKSI Bima Arya Sugiarto menyampaikan, bahwa kehadiran para Wali Kota di atas kapal yang mengarah ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, maka dipastikan bahwa Wali Kota se Indonesia mendukung pembangunan IKN di Kalimantan Timur. 

"Tapi Apeksi, seluruh wali kota insyaallah mendukung IKN dengan catatan, pembangunan IKN juga menguntungkan seluruh Kalimantan. Sembilan Wali Kota harus dapat berkahnya juga," ungkap Bima Arya saat menyampaikan pidato akhir tahun Ketua Dewan Pengurus APEKSI.

Bima menambahkan, terbangunnya IKN di Kaltim menjadi simbol kota modern berkelanjutan yang menginspirasi 98 kota di seluruh Indonesia. 

"IKN juga harus mau dan mampu untuk belajar dari tanda kutip, kegagalan Jakarta dan sekitarnya dalam membangun mega cities yang terintegrasi dan ramah lingkungan," tegasnya.

Ia juga menyatakan Apeksi mendukung IKN dengan catatan semua didengar, dilibatkan. Tak hanya Wali Kota, tapi juga warga maupun komunitas anak-anak muda. 

"Karena kalau bicara 2045, saat itu anak-anak muda yang akan memegang amanah untuk mengendalikan negara kita tercinta. Jadi kita titipkan ibukota ini kepada anak-anak muda nanti," ungkapnya. 

Adapun Pemerintah Kota, mengacu undang-undang pemerintahan daerah, jelas patuh atau ikut keputusan pemerintah pusat. 

"Kita dengar, kita jalankan dan kita taati," tuturnya. 

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini