get app
inews
Aa Read Next : MAKI Minta Mahkamah Agung Tolak Peninjauan Kembali Mardani H Maming

MA Harus Bersikap Tegas Tolak PK Mardani Maming

Rabu, 28 Agustus 2024 | 11:21 WIB
header img
Gedung Mahkamah Agung (MA), Jakarta. Foto: Dok

JAKARTA, iNewsBalikpapan.id - Menyikapi pernyataan Wakil Ketua Mahkamah Agung (MA) Suharto terkait dugaan adanya intervensi dalam Peninjauan Kembali atau PK yang diajukan terpidana kasus korupsi Izin Usaha Pertambangan (IUP) Mardani H Maming dinilai normatif dan tidak kontekstual. Pasalnya, meski hakim mempunyai kebebasan namun bukan berarti bisa menyimpangi hukum.

“Pernyataan Suharto itu normatif tetapi tidak kontekstual dengan kasusnya.  Hakim itu benar punya kebebasan,  tetapi bukan bebas untuk menyimpangi hukum jadi tidak boleh juga seenaknya,” ujar Pakar hukum pidana Universitas Trisakti Abdul Fickar Hadjar, Rabu,(28/8/2024).

Fickar mengungkapkapkan, majelis hakim tidak dapat memaksakan intervensi  dalam pengambilan pengajuan PK Mardani H Maming dikabulkan guna mengurangi hukuman.

“Kan sudah jelas dua hakim agung menolak PK, satu lagi ngotot mengabulkan meskipun yang mengabulkan untuk ketua majelis tetap tidak bisa memaksa hakim hakim anggotanya,” tegas dia.

Dengan demikian, tegas Fickar, PK yang diajukan oleh Mardani H Maming sangat jelas harus ditolak oleh Mahkamah Agung atau MA. 

“Jadi PK itu memang harus ditolak,” tandasnya.
 

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut