get app
inews
Aa Read Next : 20 Perusahaan Singapura Minat Investasi di IKN, Terkait Konsep Forestcity dan Smartcity

Strategi Investasi Emas yang Perlu Diperhatikan, Waktu Tepat Mendapat Keuntungan Jangka Panjang

Rabu, 13 Juli 2022 | 11:07 WIB
header img
Strategi investasi emas yang perlu diperhatikan.(Foto: Dok Inews.id)

JAKARTA, iNews.id - Emas merupakan instrumen investasi yang relatif stabil. Bagi Anda yang ingin memulai investasi, emas bisa jadi pilihan yang tepat sebagai investasi jangka panjang. Namun, kiranya penting juga untuk mengetahui beberapa strateginya.

Investasi emas memiliki banyak keunggulan, di antaranya adalah mampu memberikan imbal hasil yang cukup menjanjikan. Kendati mengalami penurunan. karena krisis atau inflasi misalnya, nilai emas tak bakal anjlok signifikan.

Emas juga merupakan produk investasi yang mudah untuk dicairkan. Bahkan acap disebut-sebut sebagai aset yang aman dari pengaruh geopolitik.

Lalu, kapan waktu yang tepat untuk investasi emas?

Keuntungan investasi emas secara umum tidak terlalu tampak apabila dijadikan investasi jangka pendek. Kenaikan harga emas akan terasa secar signifikan saat mencapai 5-10 tahun.

Dengan demikian, waktu yang tepat untuk berinvestasi emas adalah saat harga emas di pasar investasi sedang mengalami penurunan.

Tentunya inilah waktu yang tepat bagi Anda dapat menyisihkan sebagian uang untuk menabung atau membeli emas. Kemudian, penting pula bagi Anda untuk memantau pergerakan harga emas setiap saat sebelum membelinya.

Bagi Anda yang baru memulai investasi, idealnya dapat membeli emas sedikit demi sedikit, mulai dari 0,25 gram misalnya. Mengoptimalkan investasi secara konsisten serta rutin membeli emas sangat dianjurkan dalam cara ini.

Strategi Investasi Emas

1. Tetapkan Tujuan Investasi Emas

Menetapkan tujuan menjadi strategi awal yang patut dilakukan sebelum berinvestasi atau membeli emas. Misalnya, apakah investasi yang Anda mulai ditujukan sebagai tabungan kebutuhan tertentu atau investasi hari tua.

Dengan menetapkan tujuan investasi, maka akan mudah pula menetapkan jangka waktu investasi emas sesuai keinginan Anda, apakah selama 5 tahun, 10 tahun, atau bahkan 20-30 tahun dan selebihnya.

2. Rajin Memantau Pergerakan Harga Emas

Strategi berikutnya adalah memantau pergerakan harga emas global secara berkala. Memantau perkembangan harga emas saat ini bukanlah perkara yang sulit. Anda dapat melakukannya dengan mengecek sejumlah situs di internet yang menyediakan informasi pergerakan harga emas setiap harinya.

3. Membeli Emas di Tempat Terpercaya

Selanjutnya, Anda bisa memilih tempat terpercaya untuk membeli emas. Ini merupakan langkah yang tidak kalah penting. Harus diakui bahwa terdapat banyak tempat yang menjual emas batangan untuk berinvestasi. Namun, sangat disarankan bagi Anda untuk membeli emas di tempat-tempat yang resmi dan terpercaya.

Resmi dalam hal ini adalah tempat yang menjual emas dengan menyertakan surat-surat dan sertifikatnya. PT ANTAM merupakan salah satu tempat yang direkomendasikan membeli emas, termasuk investasi emas. PT ANTAM kini juga telah memiliki situs yang dapat Anda akses untuk membeli atau berinvestasi emas.  

PT Pegadaian juga bisa Anda jadikan sebagai alternatif. PT Pegadaian juga menawarkan pembukaan rekening tabungan emas.

4. Tentukan Tempat Menyimpan Emas yang Aman

Sebagai instrumen investasi yang sangat berharga, menuntut Anda agar dapat menyimpannya secara aman. Di zaman sekarang, orang-orang tidak harus menyimpan aset berharganya, termasuk emas menggunakan brankas atau safety box di rumah.

Saat ini sudah banyak bank yang menyediakan layanan Safe Deposit Box (SDB) sebagai tempat menyimpan aset investasi yang aman.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut