get app
inews
Aa
Read Next : KPU Balikpapan Targetkan 200 Ribu Kertas Suara Sehari, Libatkan 150 Petugas Pelipatan

Wali Kota Balikpapan Tinjau SIK Teritip, Cold Storage Dukung Ekspor Impor 

Selasa, 29 November 2022 | 16:38 WIB
header img
Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas'ud saat meninjau Sentra Industri Kecil (SIK) Teritip di Balikpapan Timur, Senin (28/11/2022). (Foto: istimewa)

BALIKPAPAN,iNewsBalikpapan.id- Wali Kota H Rahmad Mas'ud meninjau Sentra Industri Kecil (SIK) Teritip di Balikpapan Timur, Senin (28/11/2022). 

SIK Teritip merupakan gudang yang dilengkapi cold storage dimana fungsinya menyimpan bahan olahan hasil produksi pertanian dan perikanan.

Keberadaan cold storage ini sebagai upaya agar daging, ikan bisa dibekukan dan upaya mendukung para pelaku UMKM yang ada di Kota Balikpapan.

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengatakan, keberadaan SIK Teritip merupakan bagian upaya pemerintah mewadahi atau memfasilitasi kelompok masyarakat dalam hal penyimpanan bahan olahan baik produk pertanian atau perikanan.

“Nanti disini contohnya ikan dan daging bisa dibekukan, untuk antisipasi lonjakan- lonjakan permintaan sehingga kulitas daging dan ikan lebih segar,” kata Rahmad Mas’ud.

Dia menerangkan, cold storage sudah dilakukan proses ujicoba atau comisioning. Dimana ke depannya akan diatur regulasi penggunaannya dengan dibuatkan peraturan walikota atau Perwali. 

“Siapapun bisa menggunakan dan pakai ada biaya retribusinya,” ungkap dia. 

Plt UPTD SIK Teritip Fenti Khastutie menerangkan, SIK Teritip ada sejak 2019 dengan membangun membangun 24 bangunan berupa gudang yang dilengkap cool storage untuk menyimpan ikan atau daging di atas areal 6 hektar. 

Cool storage baru dibangun pada Agustus 2022 lalu guna mendukung para pelaku UMKM. 

 “Secara site plan perencanaannya 48 rumah produksi, cuma sekarang baru 24 yang terbangun,” terang Fenti Khastutie. 

Dia mengatakan, pelaku UMKM yang menggunakan rumah produksi tersebut akan lebih mudah dalam pengurusan izin-izin. Namun, lokasi tersebut berbeda dengan rumah tinggal.

“Fungsinya untuk merelokasi teman-teman UMKM Balikpapan untuk berproduksi, karena di sentra itu secara pengurusan izin-izin lebih mudah, karena dia terpisah dengan rumah tinggal,” jelasnya.

“Untuk yang mau ekspor-ekspor karena ada Cold storage,” ujarnya.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut