get app
inews
Aa Read Next : Gudang Pecah Belah dan Plastik di Bukit Cinta Terbakar

Binda Kaltim Gelar Vaksin Door to Door di Balikpapan, Warga Lansia Kaget Didatangi Petugas Nakes

Kamis, 21 Juli 2022 | 18:11 WIB
header img
Binda Kaltim gelar pelayanan Door to Door di Balikpapan, warga lansia kaget didatangi petugas nakes. (Foto: Inews.id/Mukmin Azis)

BALIKPAPAN, iNews.id - Badan Intelejen Daerah (Binda) Kalimantan Timur bekerjasama Dinas Kesehatan Kota Balikpapan kembali melaksanakan vaksinasi secara door to door.  Kali ini, sebanyak 50 dosis disalurkan di Kelurahan Teritip, Balikpapan Timur Kamis (21/7/2022). 

Kegiatan tersebut menyasar pemukiman warga yang cukup jauh dari sentra vaksinasi. Binda Kaltim melibatkan UPT Puskesmas Teritip serta relawan tenaga kesehatan. 

Koordinator Binda Kaltim wilayah Kota Balikpapan Ridwan SH mengatakan, vaksin ini disalurkan langsung ke rumah-rumah dengan menyasar masyarakat Jalan Teritip Laut RT 8 khususnya warga lansia. Pelayanan door to door ini untuk memaksimalkan capaian vaksinasi. 

"Tujuan vaksinasi secara door to door demi memudahkan masyarakat mendapatkan vaksinasi, terutama bagi mereka yang memiliki keterbatasan akses menuju puskesmas atau sentra vaksinasi," kata Ridwan. 

Kondisi di lapangan masih banyak warga yang belum divaksinasi selain kendala kesulitan menuju sentra vaksinasi juga lantaran masih ada warga yang memang takut jarum suntik. Kedatangan pihaknya dan sejumlah tenaga kesehatan sekaligus untuk mengedukasi mereka yang masih takut divaksin.

"Masih ada warga ada yang kaget melihat kedatangan kita. Tapi, kita jelaskan dan memberikan pemahaman pada akhirnya mereka mau divaksin," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty mengungkapkan kegiatan door to door bersama Binda Kaltim tersebut merupakan langkah percepatan vaksinasi booster. 

"Kita ketahui kondisi penularan Covid-19 di Balikpapan ada kenaikan. Untuk itu kita harus segera melakukan percepatan. Terima kasih kepada Binda Kaltim dan seluruh lintas sektoral yang terlibat," katanya. 

Untuk diketahui, capaian vaksinasi booster di kota Balikpapan mencapai angka 43 persen dimana laju vaksinasi ada peningkatan 1 persen setiap hari. 

Editor : Mukmin Azis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut